Home » Metro Luwuk » Dispertan Realisasikan Rice Trans Plantter
Dispertan Realisasikan Rice Trans Plantter
Sebanyak 10 unit Rice Trans Plantter akan diserahkan kepada petani yang telah mengajukan proposal. Rice Trans Plantter masi dalam keadaan utuh dan baru ketika berada di halaman parkir Dispertan Banggai, Selasa (1/12).

Dispertan Realisasikan Rice Trans Plantter

LUWUK— Dinas Pertanian Kabupaten Banggai akan menyerahkan 10 unit bantuan Rice Trans Planter (mesin tanam padi) kepada kelompok tani di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai.  Pengadaan mesin  yang bersumber dari anggaran APBN itu diyakini, bisa meningkatkan produksi petani. Sebab, dengan menggunakan alat ini, petani dapat menghemat banyak waktu dan tenaga saat bercocok tanam.
“Dari proses penanaman secara manual yang biasa dilakukan oleh para petani sebelumnya, petani membutuhkan 15 orang untuk menanam padi seluas 1 hektar, dan memakan waktu 3 sampai 4 hari. ketika menggunakan mesin ini petani hanya memerlukan 2 orang dalam waktu 3 jam saja untuk menanam padi seluas 1 hektar,” kata Lilis, Bagian Alat dan Mesin Pertanian (Alsin) Dinas Pertanian (Dispertan) Banggai, Selasa (1/12).
Lilis juga menambahkan, tidak semua kelompok tani yang ada di Kabupaten Banggai mendapatkan bantuan tersebut, Dispertan hanya memberikan kepada petani yang memasukkan proposal. Sebab, dalam sosialisasi sebelumnya, sejumlah kelompok tani kurang merespon program ini. Untuk itu, pembagian alat hanya kepada para petani yang memiliki keinginan dengan mengajukan proposal.  “Yang di takutkan, jangan sampai alat ini (Rice Trans Plantter,red) kita serahkan kepada petani namun kemudian tidak digunakan dengan semestinya,” jelasnya.
Selain itu, Dispertan tidak hanya memberikan alat tersebut begitu saja. Namun, Dispertan akan memberikan pelatihan kepada petani, agar petani dapat menggunakan alat tersebut dengan baik dan benar. “Setelah proposalnya sudah masuk semua, petani akan dikirim ke Palu untuk mendapatkan pelatihan mengenai cara kerja alat tersebut,” pungkasnya.
Sampai saat ini Dispertan telah menerima proposal dari beberapa petani. Rencananya realisasi untuk penyerahan Rice Trans Planter tersebut kepada petani akan selesai dalam waktu 1 minggu ini. (tr-35)

About uman