Home » Ampana » BPS Harus Tambah Anggaran dan Personel
BPS Harus Tambah Anggaran dan Personel
BPS Tojo Una-una membutuhkan tambahan personel dan anggaran jika harus memperoleh data sekunder dengan turun ke lapangan. Nampak kantor BPS Kabupaten Tojo Una-una.

BPS Harus Tambah Anggaran dan Personel

AMPANA – Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan pendataan dengan cara turun langsung ke lapangan pada tahun 2016. Baik untuk mendapatkan data primer maupun sekunder. Langkah itu dilakukan agar data yang dihasilkan lebih akurat. Namun, kebijakan tersebut belum diketahui BPS di daerah-daerah.
Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Tojo Una-una, Nazamudin menyatakan, kebijakan terbaru yang diperoleh yakni hanya sensus ekonomi tahun 2016. Mekanismenya, data dari pemerintah daerah (pemda) dibandingkan dengan fakta di lapangan. “Itu terkait dengan jumlah perusahaan,” ujar Nazamudin, Selasa (1/12).
Menurutnya, selama ini survey dengan cara turun ke lapangan hanya untuk memperoleh data primer, jika sekunder didatangkan langsung dari SKPD. “Kalau survey panjang jalan kita ambil dari Dinas Pekerjaan Umum (PU). Kalau untuk Survei Ekonomi Nasional itu kita harus turun ke lapangan,” katanya.
Jika kebijakan tersebut diberlakukan, kata Nazamudin,
BPS harus menambah anggaran dan personel dengan membuka lowongan tenaga kerja kontrak setiap desa yang diusulkan kepala desa (kades), kemudian digelar seleksi. “Semakin banyak turun lapangan, anggaran pasti bertambah besar,” jelasnya. (ali)

About uman