Home » Ampana » 39 Warga Derita Penyakit Kusta
39 Warga Derita Penyakit Kusta
Ida Darise

39 Warga Derita Penyakit Kusta

AMPANA – Penyakit berbahaya mengintai Kabupaten Tojo Una-una, termasuk kusta. Jika tidak diatasi dengan serius bisa menambah daftar penderita yang berujung pada meningkatnya angka kematian.
Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan, Ida Darise menyebutkan, jumlah total penderita yakni 39 orang dan tersebar pada 24 desa. Bahkan, terdapat desa tiga tahun beruturut-turut mempunyai penderita kusta dan terus bertambah. “ Di 24 itu termasuk desa endemis,” papar Ida, Senin (30/11).
Menurut Ida, penyebab penyakit kusta yakni, makanan yang dikonsumsi kurang bergizi dan menular lewat saluran pernafasan. Jika melalui saluran pernafasan, penularannya cukup lama. “Faktor pemicu juga sanitasi yang buruk,” katanya.
Sehingga pihaknya mengimbau, bagi masyarakat agar segera memeriksakan kesehatan kepada tim medis jika sudah timbul gejala kusta. Sebab, jika sudah terlanjur para sulit untuk sembuh total. “Terkadang masyarakat nanti sudah parah baru ke rumah sakit,” tandasnya. (ali)

About uman