Home » Berita Utama » DPP Hanura: Sofhian Mile Tokoh Nasional
DPP Hanura: Sofhian Mile Tokoh Nasional
Ketua DPP Partai Hati Nurani Rakyat, Bidang Organisasi, Erik Sartya Wardhana saat menyampaikan orasi politik, Minggu (29/11).

DPP Hanura: Sofhian Mile Tokoh Nasional

LUWUK—Ketua DPP Partai Hati Nurani Rakyat, Bidang Organisasi,  Erik Sartya Wardhana, kembali menegaskan, bahwa Hanura Kabupaten Banggai tetap mendukung pasangan calon nomor urut 1, Sofhian Mile–Sukri Djalumang (SMILESUKA). Penegasan tersebut disampaikannya saat memberikan orasi politik pada kampanye SMILESUKA di Lapangan Persibal, Kecamatan Luwuk, Minggu sore (29/11), kemarin.
Didampingi Ketua DPC Hanura Kabupaten Banggai, Syafrin Luneto, Ia menyatakan Hanura tetap setia mendukung Smile Suka.” Hanura tetap setia mendukung SMILESUKA,” tegasnya yang disambut yel yel SMILE SUKA oleh sekitar sepuluh ribuan warga yang memadati Lapangan Persibal.
Hanura kata dia, bukan tanpa alasan  mendedikasikan dukungannya kepada SMILESUKA. Mengutip pernyataan massa kampanye selain ganteng, SMILESUKA kata dia, juga adalah pasangan calon yang paling jujur.
Dalam kesempatan itu, Erick memberikan kesaksian, bahwa Sofhian Mile bukan tokoh lokal. Sofhian Mile kata dia, adalah tokoh nasional.”Saya orang Jakarta dan besar di Jakarta. Saya memberikan kesaksian bahwa Pak Sofhian Mile, adalah tokoh yang sangat dikenal di pusat,” tegasnya.
Buktinya, kata Erick, kader-kader Sofhian Mile ada yang bahkan telah menjadi menteri di kabinet Joko Widodo –Jusuf Kalla. misalnya Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional dan Menteri Pan dan RB, Yuddy Chrisnandi, yang juga tokoh partai Hanura. “Termasuk Pak Wakil Presiden RI. Apakah kader Pak Sofhian. Bukan. Pak JK adalah sahabat dekat Pak Sofhian Mile,” tuturnya.
Erick merasa perlu memberikan kesaksian tersebut karena berangkat dari keyakinan, bahwa ketokohan dan relasi sangat dibutuhkan oleh daerah untuk “menaklukan” Jakarta.
Saat ini, ketokohan dan pengaruh Bupati Banggai Sofhian Mile bisa dibuktikan melalui APBD Kabupaten Banggai, yang pada APBD perubahan 2015 mencapai Rp 1,5 triliun. “Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banggai hanya sekira Rp 106 miliar – dan tertinggi di Sulteng- namun APBD mencapai Rp 1,5 triliun. Sisanya itu adalah dana dari pusat. Kalau kepala daerah tidak dikenal di pusat, tidak punya pengaruh di pusat, akan sangat sulit mendapatkan akses ke pusat,” tandasnya. Klaim tersebut bukan isapan jempol belaka. Sejumlah jajaran menteri lainnya pada kabinet pemerintahan Joko Widodo –Jusuf Kalla adalah sahabat dekat Sofhian Mile.
Rabu (25/11), misalnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, sahabat dekat Bupati Banggai, Sofhian Mile, menelepon mantan politisi senayan tiga periode itu untuk mengabarkan peningkatan status jalan di wilayah Tompotika. Kini jalan dengan panjang sekira 270 km yang membentang mengelilingi wilayah Tompotika dari Siuna hingga Bunga Kecamatan Luwuk Utara naik status menjadi jalan nasional, sehingga peningkatan kualitas jalan tersebut akan menjadi tanggungjawab pemerintah pusat. Dan tentu saja dibangun sesuai dengan standar standar jalan nasional.
Sementara itu, Ketua DPC Partai Hanura, Syafrin Luneto, menyatakan, Hanura tetap setia terhadap pasangan calon Sofhian Mile –Sukri Djalumang, pasangan calon nomor urut 1.  “(Saksikanlah) detik ini, tampak jelas. Kami ada di panggung ini. Artinya, Hanura tetap bersama dengan Sofhian Mile,” tandas mantan Anggota DPRD Kabupaten Banggai itu.
Ia menegaskan, polemik yang menerpa partai koalisi SMILE SUKA, terkait dengan pengunduran dirinya hanyalah riak kecil dan lumrah dalam politik. “Hari ini dan seterusnya, Hanura tetap dengan SMILESUKA,” ujarnya. Karena itu, dia meminta kader dan simpatisan Hanura tidak kemana mana lagi pada tanggal 9 Desember mendatang.”Mari kita lanjutkan kepemimpinan Sofhian Mile yang telah membangun daerah ini untuk periode 2016-2021. Mari menangkan SMILESUKA, Sofhian Mile-Sukri Djalumang, pasangan nomor urut 1,” tandasnya.(ris)

About uman