Home » Society » Belajar Membatik, Puluhan Warga ke Cirebon
Belajar Membatik,  Puluhan Warga  ke Cirebon
Untuk meningkatkan keterampilan warga membatik, pemerintah Kabupaten Banggai mengirim 17 warga Koyoan ke Cirebon. Pelatihan di luar daerah untuk kedua kalinya, sebelumnya pemerintah daerah mengirim pengrajin batik dari Nambo.

Belajar Membatik, Puluhan Warga ke Cirebon

LUWUK—Untuk kedua kalinya Pemerintah Kabupaten Banggai mengirim warga mengikuti pelatihan membatik di luar daerah. Setelah sebelumnya pengrajin batik dari Nambo, Minggu (1/11) sekira 17 orang warga Koyoan –empat diantaranya laki –laki-dilepas oleh Bupati Banggai, Sofhian Mile di polabotan.
Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB, Wayan Suartika, mengatakan, pengrajin batik akan mengikuti pelatihan selama tiga minggu, di Batik Trusmi, Cirebon mulai Selasa (3/11) hingga (27/11) nanti. “Mereka sudah melalui tahapan, yang benar benar siap yang diikutsertakan,” katanya. Pelatihan membatik merupakan kegiatan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada kelompok usaha perempuan.
Bupati Banggai, Sofhian Mile, berharap dengan pelatihan itu, pembatik di daerah ini bisa maju dan mengelola usahanya dengan lebih profesional.“Saya berharap pelatihan ini bisa bermanfaat, berguna bagi diri sendiri serta generasi berikutnya,” tuturnya. Bupati meminta pengrajin batik mengikuti pelatihan dengan fokus dan sungguh sungguh.“Serap ilmu membatik dengan baik, agar bisa bermanfaat bagi dari sendiri, dan seni membatik bisa diwariskan kepada generasi kedepan,” pungkasnya. (ris)

About uman