Home » 2015 » November

Monthly Archives: November 2015

Rumah Belajar Solan Ikut Jambore Relawan

LUWUK-Rumah Belajar Solan saat ini patut berbahagia, karena Jumat (27/11) kemarin mendapatkan undangan untuk mengikuti Jambore Relawan yang diadakan oleh Sekolah Raya atas rekomendasi Gerakan Satu Juta Buku. Pengajar Muda IX Indonesia Mengajar Stevania Randalia mengatakan, dua perwakilan yang berangkat adalah Rama Tantra dan Sriyati. “Sriyati adalah pengelola rumah belajar Moko Pande Solan. Rama Tantra adalah anggota Penyala Banggai, organisasi ... Read More »

SMAN 3 Luwuk Mantapkan Meeting Class

LUWUK-Walau belum melaksanakan Ujian Semester (US), namun Sekolah Menengah Akhir (SMA) Negeri 3 Luwuk sudah mempersiapkan pelaksanaan meeting class. Ketua Osis SMAN 3 Luwuk Ade Ristiani Pilanto itu mengatakan, dalam pelaksanaan meeting class tersebut, akan diisi dengan sejumlah lomba yang bisa meningkatkan kreatifitas siswa serta kemampuan dalam berolahraga. “Lomba yang sudah kami persiapkan yakni sepak bola, tarik tambang, baca puisi, ... Read More »

Mahasiswa Bersatu untuk Sultim

LUWUK-Aliansi Mahasiswa Universitas Tompotika (Untika) dan Univeristas Muhammadiyah Luwuk (UML), kemarin (26/11) melakukan aksi damai  untuk mewujudkan pemekaran Sulawesi Timur (Sultim). Aksi yang digelar sekira pukul 15:38 Wita itu, terlihat mahasiswa secara bergantian berorasi untuk menyuarakan aspirasinya. Tuntutan mereka bukan tanpa alasan. Wismar Ali, selaku koordinator aksi menyatakan, sesuai amanat otonomi dan kemandirian daerah yang tertuang dalam, UU No. 32 ... Read More »

Jumlah Pencaker Membludak, Lowongan Minim

AMPANA – Perekonomian di Kabupaten Tojo Una-una sepertinya harus dibenahi total.  Di Dunia ketenagakerjaan lebih banyak Pencari kerja (pencaker) dibanding lowongan dan kondisi tersebut telah terjadi sejak beberapa tahun terahir ini. Berdasar data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), tahun 2013 pencaker mencapai 2113 namun yang ditempatkan hanya 166 orang saja. Sedangkan tahun 2014 jumlah pencaker 1.192 orang. Yang berhasil ... Read More »

55 Desa di Touna Masih Gelap

AMPANA – Indonesia memang telah merdeka selama 72 tahun. Namun, di Kabupaten Tojo Una-una masih terdapat wilayah yang belum teraliri listrik. Bahkan, hampir setiap kecamatan. Menurut data Dinas Pertambangan dan Energi, untuk Kecamatan Tojo dari 16 desa, satu desa belum menikmati listrik, Yakni  Desa Kalemba. Kecamatan Ulubongka masih terdapat Desa Paranonge, Bongka Makmur, Bornean, Takibangke, dan Kasiala. Wilayah tersebut terdiri ... Read More »

Waduh… Bantuan Kompor Gas Abal-Abalan

PAGIMANA—Aneh! Ada yang tidak beres dibalik pembagian LPG serta kompor gas yang merupakan program bantuan Pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Banggai kepada warga yang berpenghasilan rendah. Bukannya disambut syukur, upaya konversi minyak tanah ke gas itu justru menuai komplain dari para penerima. Pasalnya, bantuan yang belum digunakan tersebut kondisinya malah telah megalami kerusakan, bahkan diantaranya tak dapat digunakan lagi. Hal tersebut ... Read More »

Pekerjaan Traffic Light Dilanjutkan

BANGGAI – Setelah sempat terhenti hampir sebulan, akhirnya pembangunan Traffic Light di perempatan Taman Kota Banggai kembali dikerjakan. Pada Rabu (25/11) terlihat sejumlah pekerja mulai melakukan aktifitas pada lubang-lubang bekas galian di  empat sudut perempatan tersebut. Nampak gulungan-gulungan kabel yang hendak dipasang dengan sistim pengeboran melalui lubang yang ada. Pejabat Pembuat Komitmen Dinas PU-P Balut, Donny H. Siwi menjelaskan bahwa ... Read More »

Kades Paisumosoni Gelar Rapat Mendadak

BANGGAI – Urusan minyak tanah (Mitan) bersubsidi membuat kepala desa Paisumosoni, kecamatan Banggai Utara gemas. Pasalnya, akibat ulah salah seorang kepala dusun, warga marah dan menuntut diadakan rapat membahas perkara pembagian jatah bahan bakar itu yang dinilai telah diselewengkan oleh bawahannya tersebut. Perkara bermula ketika Marconi Sihaka, sang Kepala Desa menyerahkan kewenangan penyaluran mitan kepada Supardi Ladjagang, kepala dusun I ... Read More »

PGRI Bangkep Angkat Suara

SALAKAN–  Sejumlah persoalan terkait pendidikan di Kabupaten  Bangkep belakangan mulai mencuat ke permukaan. Salah satunya mengenai dugaan pemungutan dalam pendidikan dan pelatihan (Diklat). Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bangkep mencatat adanya pembebanan biaya sebesar Rp 250 ribu per orang, bagi sekira 100 lebih guru yang mengikuti Diklat guru pamong bersama Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pelakunya diduga dilakukan oleh oknum di  ... Read More »

Pengelolaan ADD Harus Optimal

LUWUK SELATAN-Bupati Banggai  Sofhian Mile mengingatkan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) selaku kepanjangan tangan pemerintah daerah di desa, agar melakukan bimbingan terhadap pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD). Ia menyatakan, kucuran anggaran di seluruh desa melalui ADD sangat besar. Olehnya itu, BPMPD harus segera melakukan pengawasan dan bimbingan yang serius dalam penggunaan anggaran tersebut. “Untuk Kabupaten Banggai, desa Uso ... Read More »