Home » Ampana » Minyak Goreng Sawit Dikemas Tanpa Label
Minyak Goreng Sawit Dikemas Tanpa Label
Minyak goreng curah dari kelapa sawit hingga saat ini belum berlabel. Nampak minyak goreng curah milik pedagang di Pasar Ampana, Kamis (22/10).

Minyak Goreng Sawit Dikemas Tanpa Label

AMPANA – Tingkat kebersihan minyak goreng curah saat ini banyak kalangan yang meragukan. Sebab, minyak yang berasal dari kelapa sawit tersebut masih dikemas dalam jeriken yang tidak mencantumkan label.
Padahal, dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 80/2014 tentang minyak goreng wajib kemasan telah ditegaskan, produsen wajib menggunakan bahan yang tara pangan dan tidak membahayakan manusia serta dilengkapi dengan label. Merek produk pun harus menggunakan minyakkita.
Regulasi baru tersebut padahal sudah berlaku sejak 27 Maret 2015. Namun, di Pasar Ampana. Pantauan koran ini, jeriken yang digunakan tidak mencatumkan label seperti nama barang, merek dagang, dan kode produksi.
Seorang pedagang di Pasar Ampana, Marni mengakui, belum mengetahui aturan tersebut. Sebab, Dinas UKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumperindag) belum mensosialisasikan.” Kita masih bungkus diplastik. Belum ada himbauan. Semua pedagang di sini masih gunakan plastik yang kita beli sendiri,” ujar Marni, Kamis (22/10).
Sementara itu, seorang pedagang Pasar Ampana, Mariko mengatakan, pihaknya sangat menyetujui jika harus dikemas dari pabrik. Namun, pemerintah pun harus mempertimbangkan kepuasan konsumen.” Kami pedagang ikut-ikut saja, tapi jangan sampai konsumen tidak suka,” katanya. (ali)

About uman