Home » Ekonomi » Disnakertrans Genjot Diklat Naker Lokal
Disnakertrans Genjot  Diklat Naker Lokal
Muhidin Dg Matutu

Disnakertrans Genjot Diklat Naker Lokal

LUWUK –Menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Banggai pada 2016 mendatang, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan melakukan pendidikan pelatihan (Diklat) kepada seluruh tanaga kerja (naker) yang terdapat di wilayahnya. Tindakan ini dilakukan tentunya untuk mengimbangi Naker asing yang akan masuk.
“Kami akan terus melakukan Diklat. Bukan hanya itu, penyuluhan pun terus digenjot,” ujar Kepala Bidang Peningkatan Produktifitas Tenaga Kerja, Muhidin Dg Matutu, Selasa (6/10) kemarin.
Menurutnya, Diklat kepada Naker adalah modal utama dalam menghadapi MEA. Sebab, Naker asing tentunya cukup menggungi ketika masuk di daerah ini. “Disnakertrans terus menggenjot kemampuan Naker lokal agar dapat bersaing dengan naker asing,” tandasnya.
Mekanismenya, tambah dia, mereka dilatih di lembaga pelatihan dulu, baru dimagangkan ke perusahaan. Tujuannya agar para peserta magang tersebut bisa mengenal budaya kerja dan disiplin. “Motifasinya terbangun semangat, sikap (attitude) kerja terbangun sehingga diharapkan begitu siap magang akan bisa langsung bekerja,”paparnya.
Muhidin menyatakan, pihaknya juga tidak gampang mengeluarkan rekomendasi bagi Naker asing yang mau mengurus izin membangun tenaga kerja asing (IMTA) di daerah ini. Sebab, kepentingan naker lokal yang diutamakan. “Kami yang mengeluarkan rekomendasi ke Disnaker propinsi. Kalau tidak ada rekomendasi dari kabupaten tentunya propinsi tidak akan mengeluarkan IMTA,” tandasnya. (awi)

About uman