Home » 2015 » October

Monthly Archives: October 2015

Awasi Calo Sertifikasi

LUWUK-Penerimaan tunjangan sertifikasi layaknya bagi guru yang telah bekerja maksimal dalam mengajar disekolah. Namun perlu lebih berhati-hati, karena bisa saja dalam mengurus sertifikasi ada oknum yang memanfaatkan guru tersebut dengan meminta imbalan. “Kepada bapak dan ibu guru penerima sertifikasi, mohon dilaporkan kepada kami (Kabid Dikmen,red) Dikdas dan Kadis kalau ada oknum-oknum yang secara sengaja meminta imbalan atau ongkos seberapapun besarnya ... Read More »

Terima Siswa secara Online

LUWUK-Rencana Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberlakukan penerimaan siswa secara online tahun 2016, mendapat tanggapan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cokroaminoto Luwuk. Kepsek SMK Cokroaminoto Hartati mengatakan, belum ada persiapan pasti dari sekolahnya, karena imbauan tersebut belum masuk, baik melalui lisan maupun tertulis. “Belum ada Juknis (Petunjuk Teknis,red),” tuturnya Kamis (29/10). Menurutnya, jika hal tersebut benar, tentunya akan segera ditindak ... Read More »

Djamsuri Minta Guru Awasi Siswa

LUWUK-Guru diminta berperan aktif mengimbau siswanya agar tidak terlibat politik. Suhu politik kian hari makin memanas, mendorong Camat Luwuk Selatan Djamsuri Hadju mengingatkan bahwa guru wajib memberikan pemahaman kepada siswa tentang bahaya mengikuti kegiatan politik, terlebih yang masih berumur dibawah 17 tahun, yang sudah jelas-jelas dilarang Panwaslih. “Jangan sampai tasontong saat ikut kampanye lantas luka itu akan jadi masalah,“ tuturnya ... Read More »

Akper Ciptakan 57 Sarjana Baru

LUWUK-Sebanyak 57 sarjana diwisuda oleh Direktur Akademi Keperawatan Luwuk Sutanto Hambali, SE, M.SI di Maleo Confrence Hotel Estrella, Kamis (29/10). Acara yang bertemakan, “Mari kita siapkan diri meningkatkan kualitas profesional keperawatan menuju Banggai maju dan mandiri menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015 itu,” dihadiri oleh Sekab Banggai Syahrial Labelo, anggota Forkopinda, perwaklan Untika, perwakilan Unismuh, perwakilan Amik Nurmal,  asisten, ... Read More »

Kamis, Jumat Latihan Resmi, Sabtu dan Minggu Pertandingan

AMPANA – Open Tournament Super Grastrack mulai menggelar latihan resmi, kemarin (29/10). Lintasan yang sepanjang 900 kilometer itu kini sudah siap digunakan para crosser untuk menguji kuda besinya sebelum pertandingan. Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (Ampi) Tojo Una-una (Touna), Asfan Supu menyatakan, latihan resmi pertama kali, lintasan sudah dilewati sekira 20 crosser lokal dan yang berasal dari Provinsi Sulawesi ... Read More »

Sebulan Hanya 20 Pengunjung Perpustakaan

AMPANA – Minat baca di Kabupaten Tojo Una-una (Touna) masih terbilang minim. Padahal, pemerintah daerah (pemda) sudah menyiapkan referensi cukup dan sarana yang cukup nyaman untuk menimba ilmu. Kepala Kantor Perpustakaan dan Dokumentasi Daerah, Sri Endang Astati mengatakn, setiap bulannya pengunjung perpustakaan hanya berjumlah sekira 20 orang. Sebab, membaca belum dijadikan kebutuhan masyarakat.” Kalau sudah, di mana pun akan dicari ... Read More »

Kerajinan Tangan Desa Dongkalan Butuh Perhatian

PAGIMANA—Pemerintah kabupaten Banggai nampaknya perlu melestarikan kearifan lokal, khususnya terhadap hasil kerajinan masyarakat lokal. Di desa Dongkalan, kecamatan Pagimana misalnya. Terdapat kerajinan dari anyaman rotan yang belum tersentuh oleh tangan pemerintah. Itu diakui oleh salah seorang pengrajin, Aminah Nafas, Kamis (29/10) kemarin. Kepoda Luwuk Post ia menyatakan, sangat berharap adanya perhatian pemerintah setempat. “Kami sangat berharap adanya peran pemerintah untuk ... Read More »

Penyelesaian Proyek SDN Dongkalan Dikebut

PAGIMANA-Pembangunan sarana pendidikan di SDN Dongkalan, kecamatan Pagimana terus di kebut. Proyek yang digarap oleh CV Tiga Putera itu telah menyedot anggaran sebesar Rp99 juta lebih melalui Dana Insetif Daerah (DID). Salah seorang pekerja, Onik mengatakan, waktu penyelesaian pengerjaan proyek yakni 120 hari dengan berakhir pada tanggal 20 November mendatang. “Kondisi pembangunan RKB SDN Dongkalan luasnya  8×15 meter. Tapi pengerjaannya ... Read More »

PKS Balut Gelar Baksos dan Lomba

BANGGAI-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke- I, Sabtu (31/10). Agenda tersebut untuk membentuk kepengurusan baru Dewan Pimpinan Daerah (DPD) kabupaten Banggai Laut (Balut) karena selama ini struktur partai masih satu dengan DPD PKS Bangkep. Namun, sebelum Musda PKS Kabupaten Balut menggelar bakti sosial (baksos) pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Bone Baru, Kecamatan  Banggai Utara belum lama ini, ... Read More »

Proyek Miliaran Rupiah Dinilai Mubazir

SALAKAN– Diduga akibat perencanaan yang tidak matang membuat sejumlah proyek pemerintah darerah (pemda) Kabupaten Bangkep dinilai mubazir. Padahal, dana yang digelontorkan bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Penelusuran koran ini, ditemukan sejumlah program pembangunan di Bangkep, kualitasnya rendah dan belum mendatangkan azas manfaat. Misalnya, pembangunan jalan lingkar dalam kota Salakan. Progres proyek tersebut belum terlihat akibatnya warga pun ... Read More »