Home » Banggai Kepulauan » Pacu Serapan Anggaran
Pacu Serapan Anggaran
Nursastro Salomo

Pacu Serapan Anggaran

SALAKAN– Penyerapan APBD Bangkep tahun 2015 hingga agustus masih sangat minim. Anggota DPRD Bangkep, Nursastro Salomo mendesak agar Pemda Bangkep terus berupaya agar penyerapan anggaran dapat dinaikan.       “Harus ada upaya untuk mensiati masalah minimnya penyerapan APBD yang ditunjukan oleh Pemda Bangkep,” ujar Sastro, Minggu (13/9).
Serapan anggaran yang rendah kata ketua KPU Bangkep itu, akan sangat mempengaruhi kelangsungan  pembangunan diakhir tahun 2015. “Jika penyerapan anggaran masih rendah akan membuat rancangan besaran APBD-Perubahan, belum dapat ditetapkan. Hal ini harus benar-benar diperhatikan oleh Pemda Bangkep,” tekan Sastro.
Untuk mendorong percepatan penyerapan anggaran, Sastro menyarankan agar Pemda Bangkep memberikan kemudahaan pada pihak rekanan yang menjadi mitra dalam melaksanakan pembangunan di Bangkep. Caranya kata dia, dengan memberikan uang muka sebesar tiga puluh persen dari pagu anggaran proyek, yang telah memiliki Surat Perintah Kerja (SPK).
“Jika semua pekerjaan proyek dari rekanan diberikan uang muka sebesar tiga puluh persen, saya yakin penyerapan anggarannya akan tinggi. Apalagi hal itu dimungkinkan secara aturan,” saran Sastro.
Kemudahan lainnya yang diharapkan Sastro dapat diberikan pula kepada rekanan, yaitu dengan memperbolehkan penggunaan jaminan pekerjaan dari pihak penyedia jasa asuransi. Untuk hal ini, sambung Sastro, pihak penyedia jasa asuransi yang dapat digunakan legalitasnya oleh pihak perusahaan, harus benar-benar yang profesional.      “Sekarang Pemda Bangkep hanya memboleh jaminan pekerjaannya berupa jaminan dari pihak berbankkan. Itu dirasakan sedikit memberatkan pihak rekanan, sebaiknya Pemda memperbolehkan penggunaan jasa penjamin dari pihak asuransi yang kualifikaif,” cetus Sastro mengakhiri. (wan)

About uman