Home » 2015 » August

Monthly Archives: August 2015

Peringati HANI 2015, BNNK Touna Gelar Jalan Sehat

JALAN SEHAT : Bupati Damsik bersama Kepala BNNK Touna, AKBP Sunarko dan peserta saat jalan sehat, Minggu (9/8). (Foto : Yahya Lahamu/Luwuk Post)

AMPANA – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tojo Una-Una (Touna), menggelar jalan sehat saat peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2015. Rute jalan sehat dimulai dan diakhiri di Lapangan basket, Kelurahan Uentanaga Bawah, Kecamatan Ratulindo, Minggu kemarin (9/8), pukul 06.00 Wita. Jalan sehat dalam tersebut dilepas oleh Bupati Touna, H Damsik Ladjalani, yang dihadiri oleh Kepala BNNK Touna, AKBP ... Read More »

Jalan Masuk SMKN I Banggai Dikeluhkan

PERLU PERHATIAN: Kondisi jalan masuk ke Sekolah SMK Negeri I Banggai yang dikeluhkan warga. [Foto: Syamsul/Luwuk Post]

BANGGAI-Jalan masuk menuju ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Banggai menjadi sorotan warga. Terutama orangtua siswa baru yang menghadiri pertemuan dalam rapat pertanggungjawaban Komite Sekolah tersebut, Sabtu (8/8). Kepala Sekolah SMKN I Banggai, Mansur, S.Pd mengaku prihatin dengan kondisi tersebut dan memahami keluhan orang tua siswa. “Memang hal ini sudah kami duga sebelumnya. Bahkan hal ini sudah lama menjadi ... Read More »

DPRD Ngebut Selesaikan KUA PPAS

SELESAIKAN TUGAS: DPRD Bangkep bekerja maraton untuk menyelesaikan beberapa agenda. [Foto: Iwan Bua / Luwuk Post]

SALAKAN-Janji DPRD Bangkep untuk memaksimalkan waktu demi menyelesaikan tumpukan agenda kerja mereka, terbukti. Pasca libur lebaran, DPRD Bangkep langsung tancap gas dengan menggelar paripurna untuk beberapa agenda. Antaranya, mengesahkan Kebijakan Umum Anggaran dan Perirotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), Perda Tentang perubahan struktur organisasi di lingkup pemerintahan Kabupaten Bangkep, Perda Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD Bangkep tahun 2014. Ketua DPRD Bangkep, Muh. Risal ... Read More »

Karang Merah dan Togas Diburu

DIBURU: Kerusakan terumbuk karang di periaran Bangkep, belakangan kembali menggila. Selain aktifitas pengeboman ikan, pemburuan karang merah dan togas untuk kepentingan pembuatan aksesoris, kini menjadi penyebab baru kerusakan terumbuk karang. [Foto: Iwan Bua / Luwuk Post

SALAKAN-Fenomenan batu akik masih terus terlihat di Bangkep. Kendati sudah tidak seramai dulu, kegilaan masyarakat mengoleksi berbagai pernak pernik batu akik masih terus terjaga. Ada perbedaan sedikit dengan sebelumnya. Jika dulunya para penggila batu akik lebih fokus mengoleksi berbagai jenis batu akik dari hasil pertambangan di tanah dan pegunungan, kini mereka mulai melirik batu akik yang diambil dari dasar laut. ... Read More »

Pedagang Masih Gunakan Badan Jalan

TETAP BERTAHAN: Meskipun perjanjian penggunaan badan jalan telah selesai, namun sejumlah pedagang yang telah dibongkar lapaknya masih bertahan dan berjualan di tepi jalan pantai Pasar Simpong. Seperti yang terlihat Minggu (9/8) kemarin.[foto: Van / Luwuk Post]

LUWUK-Meskipun pengelola Pasar Simpong bekerjasama dengan petugas gabungan TNI-Polri dan Satpol PP telah melakukan penertiban lapak yang hanya diberi ijin pada bulan ramadan lalu. Sejumlah pedagang terlihat tetap bertahan di tepi jalan untuk menjajakan barang dagangannya. Kondisi ini membuat badan jalan yang semestinya sudah steril kembali terlihat ditempati para pedagang. “Ini akan kembali seperti tahun lalu kalau tidak ditertibkan juga. ... Read More »

PAD Parkir Belum Optimal

AKAN DIEVALUASI : Dishubkominfo akan mengavaluasi parkir di Luwuk Shopping Mall, nampak sejumlah kendaraan yang paskir di LSM belum lama ini. [foto Dok/Luwuk Post]

LUWUK—Potensi pendapatan daerah dari retribusi parkir belum dioptimalkan. Retribusi parkir yang dikenakan kepada pengunjung Luwuk Shopping Mall misalnya, belum menjadi bagian dari pendapatan asli daerah karena tidak disetorkan kepada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi.“Parkir dari Luwuk Shopping Mall memang tidak disetor ke Diskominfo. Yang disetor hanya dari Golden. Ini yang akan kami evaluasi kembali,” kata Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan ... Read More »

Penghobi Motor Trail Lintasi Alam Kota Luwuk

LEPAS PESERTA : Bupati Banggai Sofhian Mile saat melepas peserta Adventure Trail yang diikuti sejumlah peserta dari daerah di Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu (8/8).

LUWUK-Ratusan penghobi motor trail mengikuti kegiatan Merdeka Adventure dengan menjajal medan berat mulai dari Desa Koyoan hingga daerah perbukitan di wilayah Desa Tontouan ,Sabtu (8/8). Kegiatan yang dilepas Bupati Banggai Sofhian Mile itu bertujuan pula memperkenalkan potensi kekayaan alam yang dimiliki daerah pada penghobi motor trail yang pesertanya berasal dari sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Tengah. Bupati Banggai Sofhian Mile ... Read More »

Smile-Suka Gencar Lakukan Konsolidasi

Oskar Paudi

LUWUK–Setelah memastikan kelengkapan persyaratan calon bersyarat, tim koalisi Sofhian Mile dan Sukri Djalumang alias Smile-Suka kini gencar melakukan konsolidasi pemenangan. Penasehat tim koalisi Smile-Suka Oskar Paudi mengungkapkan, konsolidasi yang dilakukan tidak lain untuk memaksimalkan kerja politik tim hingga ke akar rumput dalam menggarap suara pemenangan di Pilkada desember nanti. “Seluruh persyaratan calon yang ditetapkan KPUD berdasarkan PKPU telah kami lengkapi ... Read More »

Partai Pengusung Longki’s Diminta Bekerja

Suasana rapat perdana koalisi teruskan, pendukung Longki's di Sekretariat bersama Partai Gerindra di Jalan Ir. H. Muh Djuanda nomor 77 Palu, Minggu, (9/8) kemarin.(Foto:Dok Tim Pemenangan Longki’s)

PALU–Koalisi partai politik (parpol) pengusung pasangan calon gubernur Longki Djanggola dan calon wakil gubernur Sudarto mulai melaksanakan pertemuan perdananya. Koalisi parpol yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PBB. Partai pengusung yang diberi nama ‘Koalisi Teruskan’ ini juga mendapatkan kekuatan baru dengan masuknya PDI Perjuangan dan Partai Demokrat sebagai parpol pendukung Longki-Sudarto. Pertemuan perdana ... Read More »

Dilarang Jual Sapi Betina Produktif Keluar Daerah

Zulkarnain Mang

LUWUK—Untuk memaksimalkan produksi ternak sapi di Kabupaten Banggai, Dinas Peternakan Kabupaten Banggai tidak hanya memprogramkan inseminasi buatan atau kawin suntik. Namun SKPD yang dipimpin Ir. Zulkarnain Mang itu memproteksi penjualan sapi betina produktif keluar daerah. Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Banggai, Ir. Zulkarnain Mang, kepada Luwuk Post, mengakui, pihaknya memang memproteksi penjualan sapi betina, khususnya yang produktif.“Kami memang memproteksi penjualan sapi ... Read More »