Home » 2015 » July

Monthly Archives: July 2015

Penadah Kambing Siap Disidangkan

LUWUK-Disaat penyidikan empat dari lima tersangka dalam kasus pencurian ternak belum juga mengalami kemajuan. Berkas perkara salah satu tersangka yang merupakan penadah kambing curian itu, telah dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum. Bahkan kini tersangka tinggal menunggu hari untuk menjalani sidang perdananya, sebab berkas tersebut telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Luwuk. “Berkasnya sudah kita limpahkan ke Pengadilan, tinggal tunggu jadwal ... Read More »

Bupati Imbau Pendidikan Moral Diutamakan

Sofhian Mile

LUWUK—Bupati Banggai, Sofhian Mile, mengimbau warga muhammadiyah dan warga NU menggiatkan program pendidikan moral dan akhlak. Harapan tersebut disampaikan Bupati Banggai, Sofhian Mile, dalam kesempatan berbeda saat melepas peserta muktamar NU sekira pukul 07.30 Wita dan peserta Muktamar Muhammadiyah di Pelabotan, rumah jabatan Bupati, sekira pukul 09.30 Wita, Rabu (29/7). Bupati berharap baik ormas NU maupun ormas Muhammadiyah menyusun dan ... Read More »

Sidang Praperadilan Sekkab Terus Bergulir

PEMERIKSAAN TERSANGKA: Penyidik Reskrimsus Polres Banggai ketika melakukan pemeriksaan lanjutan dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan pembangunan alat navigasi (DVOR/DME) Bandara SA Amir, Rabu (29/7). [foto: Steven Pontoh / Luwuk Post]

LUWUK-Sidang praperadilan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Banggai, Syahrial Labelo terus berlanjut. Setelah menjalani agenda jawaban penyidik atas tuntutan pihak Sekkab, Rabu (29/7) sekira pukul 10.00 Wita di Pengadilan Negeri Luwuk. Hari ini, Kamis (30/7) sidang lanjutan dengan agenda mendengarkan sanggahan dari penggugat atas jawaban penyidik akan kembali digelar. “Besok pagi, sidang lanjutan dengan agenda tanggapan penggugat atas jawaban kami akan digelar ... Read More »

Win Star Kunjungi Korban Bentrok Tuntun

MENJENGUK: Herwin Yatim dan Mustar Labolo menjenguk korban bentrok Tuntun di RSUD Banggai. Ia juga menghimbau masyarakat agar tidak terprovokasi, Rabu (29/7).(Foto:Iman F/Luwuk Post)

LUWUK – Wakil bupati Banggai Herwin Yatim menghimbau masyarakat agar tidak terprovokasi pasca bentrok yang terjadi di desa Tuntun kecamatan Bunta beberapa waktu lalu. Ia juag meminta kepada seluruh pihak untuk tidak membesar-besarkan persoalan yang kini dinilai telah meredah. “Saya juga sudah menyampaikan warga di sana (desa Tuntun) ketika berkunjung (Selasa pekan ini),” ungkap Herwin, Rabu (29/7). Itu disampaikan Herwin ... Read More »

Arus Mudik Per Hari Capai 100 hingga 200 Penumpang

ARUS MUDIK : Meski gelombang laut cukup tinggi dipenyeberangan Pagimana-Gorontalo tetapi tak menyurutkan niat pemudik untuk menggunakan jasa ASDP sebagai alat transportasi. Nampak para pemudik di pelabuhan penyeberangan Pagimana. (Foto : Dok/Luwuk Post)

LUWUK – Gelombang laut yang dinilai cukup tinggi tidak berpengaruh terhadap arus mudik lebaran tahun ini. PT ASDP Ferri Cabang Luwuk mencatat, setiap harinya mencapai 100 hingga 200 pemudik, angka itu meningkat dari hari biasanya yang hanya 75 sampai 100 calon penumpang. Kepala PT ASDP Ferri Cabang Luwuk Wagino menjelaskan, dampak dari gelombang laut hanya perubahan jadwal tiba dan keberangkatan ... Read More »

Diskanlut Bisa Bantu Sekolah

Rusdi Rachmat

LUWUK-Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) menegaskan tidak akan lepas tangan melainkan akan membantu sekolah jika memerlukan bantuan. Salah satu bantuan tersebut seperti dalam pengadaan bibit ikan untuk dipelihara, karena dengan adanya kolam yang terisi dengan ikan tentu akan menambah keindahan sekolah serta memperluas wawasan siswa. “Seperti SMK Kristen juga sudah pernah,” tutur Kadis Kanlut Rusdi Rachmad yang diamini Kepala Seksi ... Read More »

PNS Dukung Sikap Kepala Kesbang

Sutadi Layumba

LUWUK-Pernyataan Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kesbangpolinmas) Alfian Djibran yang mewarning Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru melakukan politik praktis mendapat dukungan dari sekolah. Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Luwuk Sutadi Layumba mengatakan, sebagai guru haruslah independen atau tidak berpihak kepada calon-calon tertentu, apalagi sampai membawanya ketika tengah melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). “Yang paling rawan ... Read More »

Jika Siswa Kurang, Perlukah Disatukan?

Rachmisani Sangkota

LUWUK—Fenomena kurangnya jumlah siswa di beberapa Sekolah Dasar (SD) di kota Luwuk masih menjadi perbincangan hangat sejumlah guru. Pasalnya dengan tidak mencukupi target per kelas yakni minimal 28 siswa, tentu akan mempengaruhi tunjangan sertifikasi bagi wali kelas. Lantas apa solusinya? seorang sumber menyebutkan langkah yang harus ditempuh ialah dengan memindahkan siswa tersebut ke sekolah lain agar jumlah siswa sesuai standar ... Read More »

Perguruan Tinggi Lokal Masih Sepi Peminat

LUWUK—Minat calon mahasiswa baru masuk perguruan tinggi lokal masih minim. Informasi yang dihimpun menyebutkan, calon mahasiswa baru yang mendaftar pada perguruan tinggi lokal baru seratus- dua ratus orang. Padahal, seperti tahun sebelumnya, perguruan tinggi lokal menargetkan menerima mahasiswa baru hingga seribuan orang. Wakil Rektor I Unismuh Luwuk, Gifari Sono, kepada Luwuk Post, mengakui, calon mahasiswa baru yang mendaftar di perguruan ... Read More »

Jaga Toleransi Antar Umat Beragama

PIMPIN APEL : Bupati Touna, Drs. H Damsik Ladjalani Saat memberikan arahan pada Apel pertama usai libur lebaran di halaman kantor Bupati Touna, Rabu (22/7). (Foto : Yahya Lahamu/Luwuk Post)

AMPANA – Bupati Tojo Una-Una (Touna), Drs. H Damsik Ladjalani mengingatkan kondisi keamanan dan ketertiban harus dijaga agar tidak terjadi insiden seperti Tolikara, Papua. “Jangan sampai kita terpancing dengan keadaan yang tidak baik yang akan meninimbulkan perpecahan di Kabupaten Touna. Kita harus tetap menjaga toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin dengan baik selama ini,” ujar Damsik, saat memimpin apel ... Read More »