Home » 2015 » June

Monthly Archives: June 2015

9 Guru Hadapi Masalah Hukum

Mustar Ahmad

LUWUK—Menjadi guru bukan berarti tidak rawan dengan hukum. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Mustar Ahmad mengatakan, saat ini ada 9 guru yang tengah berurusan dengan pihak kepolisian, bukan dipenjara tetapi dibebankan wajib lapor. “Penyebabnya hanya masalah kecil dengan siswa yang menyebabkan kesalah pahaman orang tua siswa,” tuturnya Sabtu (30/5). Menurutnya, apa yang terjadi bisa dibilang masih ... Read More »

Sat Pol PP dan BNK Gelar Razia

BNNK Touna bersama Satpol PP saat melakukan razia di salah satu Hotel di Ampana.

AMPANA– Menjelang bulan suci Ramadan 1436, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNK) Tojo Una-Una bersama Satpol PP merazia sejumlah kos-kos dan hotel yang berada di Kecamatan Ampana Kota dan Kecamatan Ratulindo, Kabupaten Touna, Sabtu (30/5/15) malam. Pantauan Luwuk Post razia diawali dari rumah kos cottage dan hotel yang ada di Desa Labuan dan Kelurahan Dondo, Kecamatan Ratulindo,Kabupaten Touna. Namun, dilokasi itu ... Read More »

Oknum Pegawai Inspektorat Tipu Peserta CPNS

DITANGKAP POLISI : Nampak RD tersangka aksi penipuan seleksi CPNS balut saat diperiksa polisi dari polsek Banggai [FOTO SAMSUL BAHRI/LUWUK POST]

BANGGAI-Masnun Maulia adalah salah satu korban penipuan dengan janji menjadi PNS oleh RD. Masnun pun menyerahkan uang bernilai puluhan juta rupiah pada tersangka setelah uang yang ditranfer ke salah satu rekening diketahui milik Tanjung Dg. Pawara. “Saya lihat atas nama Tanjung Dg. Pawara. Saya jadi semakin yakin kalau ini memang serius,” jelasnya pada Luwuk Post, Minggu (31/5). Masnun pada koran ... Read More »

Pasar Salodik Memprihatinkan

RUSAK PARAH : Kondisi pasar salodik yang hingga kini mengalami kondisi rusak parah.[FOTO IRSAN/LUWUK POST]

LUWUK UTARA-Pasar di desa Salodik yang menjadi sumber ekonomi warga desa kondisinya sangat memprihatinkan. Pasalnya, sejak dibangun tahun 2007 hingga kini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) tak kunjung melakukan perbaikan di pasar tersebut. “Sudah lama kita tidak lagi menempati lapak yang dulu pernah kita gunakan karena kondisinya saat ini sudah begitu memprihatinkan dan mengancam keselamatan jiwa,” kata Jaka, Minggu (31/5). ... Read More »

Tumpukan Sampah Dibersihkan, Masih Tetap Jadi TPA

BELUM SADAR: Tumpukan sampah baru di jalur dua, Keles kembali terlihat. Padahal, belum lama Dinas Petarung Kota telah membersihkan tumpukan sampah di beberapa titik dalam kota. [foto: Muh Taufik Basri / Luwuk Post]

LUWUK-Sejumlah titik yang ada di jalur jalan perbukitan atau yang biasa dikenal dengan jalur dua terdapat tumpukan sampah. Belum lama ini, Dinas Perumahan, Tata Ruang dan Tata Kota (Dinas Petarung Kota) telah melakukan pembersihan, termasuk juga tumpukan sampah yang ada di depan rumah sakit umum. Larangan membuang sampah juga telah dipasang, untuk mengingatkan warga agar tidak lagi membuang sampah di ... Read More »

Aksi Pencurian Ternak Kembali Terjadi

PENCURIAN TERNAK: Mobil dengan nomor polisi DN 552 yang berhasil diamankan masyarakat dan aparat kepolisian pos polisi Hunduhon, Kecamatan Luwuk Timur. [foto: Istimewah]

LUWUK-Hati-hati bagi para pemilik ternak yang masih suka melepas bebas hewan ternaknya. Pasalnya, aksi pencurian ternak kembali terjadi di Kecamatan Luwuk Timur. Modusnya masih sama dengan aksi pencurian sapi beberapa waktu lalu di Kecamatan Bualemo. Dimana para pencuri memanfaatkan mobil sebagai alat angkut hasil curiannya. Parahnya, kejadian Jumat (29/5) di Desa Lauwon itu dilakukan pada saat orang-orang tengah menjalankan sholat ... Read More »

FKM Untika Peringati HTTS

HARI TANPA TEMBAKAU : BEM FKM Untika Luwuk memperingati gerakan nasional hari tanpa tembakau se dunia, bertempat di bundaran Adipura, Minggu (31/5). Mereka menghimbau warga menghindari dampak negatif merokok. [FOTO:BUDI/LUWUK POST]

LUWUK-Meski hanya terdiri dari beberapa orang tak menyurutkan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) memperingati gerakan nasional hari tanpa tembakau se dunia (HTTS) tahun 2015. Koordinator Lapangan (Korlap) peringatan HTTS 31 Mei 2015 Jufri Amran pada koran ini mengatakan, peringatan HTTS yang dilaksanakan BEM FKM Untika Luwuk berdasarkan imbauan yang disampaikan secara nasional oleh ikatan senat mahasiswa FKM Indonesia. “Ini bukan ... Read More »

Pemda Didesak Tertibkan Bangunan di RTH

BANGUNAN DI RTH: Lucu, papan larangan membangun di kawasan RTH, Kelurahan Tanjung Tuwis ini justru bertolak belakang dengan bangunan di belakangnya.[Foto: Akli for Luwuk Post]

LUWUK-Pemerintah kabupaten Banggai didesak untuk menertibkan bangunan yang ada di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kelurahan Tanjung Tuwis. Pasalnya, papan himbauan terpampang jelas di depan bangunan itu, tapi penertiban tak kunjung dilakukan pemerintah. Muh Akli Suong, salah satu pemuda Loinang mengungkapkan pemerintah semestinya komitmen dengan apa yang telah ditetapkan. Jika sebelumnya, Camat Luwuk Selatan, Djamsuri Hadju mengatakan bangunan boks kabel ... Read More »

SM Beri Sinyal Cawabupnya

LUWUK-Setelah melakukan safari politik ke sejumlah partai politik (parpol) terkait dengan pendaftaran dirinya maju sebagai calon patahana pada pilkada Banggai, Sofhian Mile (SM) akhirnya memberikan sinyal figur calon wakil bupatinya (cawabup). Selama ini SM tak memberikan sinyal apapun tentang siapa bakal cawabupnya mendatang. Namun, adanya ratusan baliho dengan tagline “Kami tetap bersama Sofhian Mile” yang saat ini tersebar di dalam ... Read More »

Harga Telur Mulai Naik

NAIK LAGI : Harga telur telah mengalami kenaikan sejak empat hari lalu. (foto : Dok/Luwuk Post)

LUWUK–Jelang bulan ramadan harga sembilan bahan pokok (Sembako) menunjukan tren kenaikan. Kali ini, harga telur yang mengalami kenaikan. Fitra, salah seorang pedagang di Pasar Simpong mengatakan, harga telur per rak yang dijualnya kini mencapai Rp 40 ribu dari sebelumnya Rp 36 ribu per rak.” Kenaikannya sudah 4 hari lalu, kalau di pedagang lain ada yang samapi Rp 45 ribu,” papar ... Read More »