Home » 2015 » May

Monthly Archives: May 2015

Tinggal di Depan Rumah Polisi, Ditangkap di Rumah Jabatan Sekcam

LUWUK—Abdul Kholiq, terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Polri di Desa Tangeban Kecamatan Masama, Senin (25/5) kemarin, sudah tujuh bulan terakhir berada di Kecamatan Masama. Ia tinggal bersama ayahnya di pusat ibukota kecamatan, sekitar 45 kilometer dari Kota Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai. Ayahnya yang merupakan salah satu pejabat teras di lingkungan pemerintah Kecamatan Masama, menempati sebuah rumah warga, yang sudah ... Read More »

Hanya Semenit, Densus Lumpuhkan Kholiq

RUMAH DINAS SEKCAM: Di rumah inilah terduga teroris Abdul Kholiq selama 7 bulan menetap dan akhirnya ditangkap anggota Densus 88 Anti Teror, Senin (25/5) pagi sekira pukul 07.00 Wita. [foto: Steven Pontoh / Luwuk Post]

MASAMA – Perburuan para anggota teroris jaringan Santoso lewat Operasi Camar Maleo 2 akhirnya memasuki Kabupaten Banggai. Senin (25/5) kemarin, aparat gabungan dari Polda Sulawesi Tengah, Densus 88 Polri dan Satuan Brimob Mabes Polri berhasil membekuk Abdul Kholiq (27) di Desa Tangeban, Kecamatan Masama, Kabupaten Banggai. Abdul Kholiq alias Minde ditangkap tanpa perlawanan di rumah jabatan Sekretaris Camat Masama sekira ... Read More »

Satres Narkoba Polres Bekuk Pengedar THD

Tersangka AD Bersama Barang Bukti

AMPANA –Satuan Res Narkoba Polres Tojo Una-Una membekuk tersangka pengedar narkoba jenis THD berinisial AD (34). Dia ditahan bersama barang bukti sebanyak 1500 butir THD dan uang hasil penjualan THD sejumlah Rp 70.000 di salah satu Agen Travel perjalanan darat yang ada di Kota Ampana, Sabtu (23/5). Kasat Res Narkoba, IPTU Sudji Hartono, SH kepada koran ini mengatakan, penangkapan tersebut ... Read More »

BPBD Bakal Keciprat Bantuan Pusat

DANA PUSAT: Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkep, akan mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat, dalam waktu dekat ini. Anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan beberapa sarana dan fasilitas pembangunan di daerah-daerah yang sempat terkena dampak bencana alam. [Foto: Iwan Bua / Luwuk Post]

SALAKAN– Pemerintah Kabupaten Bangkep, akan mendapat suntikan dana dari pemerintah pusat. Dana segar itu dikucurkan untuk penanganan pasca bencana, di daerah tersebut, yang pengelolaannya ditangani langsung oleh Badan Penangulanggan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkep. Kepala BPBD Bangkep, Rahmat Labo’u, kepada wartawan Senin (25/5) mengatakan, anggaran tersebut masih dalam proses pencairan. Pemerintah pusat, kata Rahmat, masih menunggu kelengkapan laporan adminitrasi yang ... Read More »

Pemda Harus Punya Perencanaan Matang

BUTUH REVITALISASI: Seribu satu masalah yang barada dalam lingkup pasar Simpong Luwuk sudah saatnya dibenahi. Solusinya yakni revitalisasi, serta pengalihan pengelolaan pasar terhadap pihak ke tiga.(Foto: Doc Luwuk Post)

LUWUK – Revitalisasi pasar Simpong dinilai memang perlu dilakukan. Begitupula dengan wacana pelimpahan wewenang atas pengelolaan pasar tradisional kepada pihak ke tiga (BUMD) oleh Pemerintah daerah (Pemda). Disamping akan menggenjot dan memaksimalkan retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD), terobosan tersebut juga dinilai akan berdampak pada kelancaran aktivitas antar pedagang, pembeli dan pengunjung. Namun, jika dalam tahap revitalisasi Pemda menyerahkan 100 persen ... Read More »

Penagihan Lancar, Perizinan Bermasalah

RAPAT KERJA : Rapat kerja yang digelar oleh Komisi III DPRD Banggai Senin (25/5) kemarin tak dihadiri oleh Dispenda padahal rapat itu juga membahas tentang PAD. Namun, pertemuan itu hanya dihadiri oleh BPMPPT. (Foto : Gafar Tokalang/Luwuk Post)

LUWUK – Salah satu anggota Komisi III DPRD Banggai, Syafrudin Husein menilai, penagihan pajak dan retribusi oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) tidak sinkron. “ Selama ini ada hal yang sangat rancu, penagihan lancar perizinan bermasalah. Kalau memang perizinan perusahaan bermasalah ya dihentikan aktivitasnya. Ini ada kesan persoalan perizinannya seolah-olah tidak bermasalah ... Read More »

Mei, Batas Waktu Pemutakhiran Data Penerima Raskin

RAPAT EVALUASI : Saat rapat sosialisasi dan evaluasi penyaluran raskin tahun 2015 Staf Ahli Bagian Ekonomi, Mustar Ahmad mendesak para Camat untuk menginstruksikan Kades di wilayahnya untuk menyerahkan data penerima Mei ini. (Foto : Dok/Luwuk Post)

LUWUK – Staf Ahli Bagian Ekonomi, Mustar Ahmad menekankan, seluruh Camat di Kabupaten Banggai agar menginstruksikan Kepala Desa (Kades) diwilayahnya untuk melakukan pendataan penerima beras Raskin tahun 2016. Menurut Mustar, itu disebabkan PNP2K telah memanggil Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi untuk pemutakhiran data Mei tahun ini. Karena penentuan alokasi anggaran beras Raskin telah dibahas dalam penetapan APBN-P tahun 2016.” Kalau tidak ... Read More »

Di Luwuk, Banyak Perusahaan Bandel

RAPAT : Anggota DPRD Kabupaten Banggai menyebut banyak perusahaan swasta yang berinvestasi di daerah ini namun tidak berpedoman pada aturan ketenaga kerjaan, dalam rapat Komisi I DPRD Kabupaten Banggai yang membahas nasib karayawan PT.Tri Patra. (Foto: Gafar Tokalang/Luwuk Post)

LUWUK— Salah seorang anggota DPRD Kabupaten Banggai Sudirman Stene, menilai masih banyak perusahaan swasta di Luwuk, Kabupaten Banggai yang bandel dan membangkang dari ketentuan yang mengatur masalah ketenaga kerjaan. Kondisi itu kata dia, turut memperpuruk situasi ketenaga kerjaan yang ada di daerah ini. Saat berbicara dalam rapat bersama PT.Tri Patra, Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi serta karyawan PT.Tri Patra beberapa hari ... Read More »

Komisi I Akui Hadapi Masalah Besar

AKUI ADA MASALAH : Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Banggai Winancy Ndobe mengakui daerah ini sedang menghadapi masalah besar dalam bentuk gelombang protes akibat pemutusan hubungan kerja, sehubungan dengan akan berakhirnya pembangunan konstruksi Migas. (Foto: Upik/Luwuk Post)

LUWUK— Komisi I DPRD Kabupaten Banggai mengakui kini pemerintah daerah sedang menghadapi masalah besar dibidang ketenaga kerjaan. Bayang-bayang masalah tersebut mulai terpancar dari fenomena menjelang berakhirnya pekerjaan konstruksi pembangunan kilang Migas di wilayah II Kabupaten Banggai. Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Banggai, Winancy Ndobe saat berbicang dengan koran ini, Kamis (21/5), mengakui menjelang berakhirnya proyek pembangunan konstruksi Migas di Batui,Batui ... Read More »

Saatnya Galeri UKM Difungsikan

BELUM DIGUNAKAN: Sejak dibangun tahun 2014 lalu Galeri UKM yang dibangun Dinkop UKM belum juga digunakan. (Foto : Dok/Luwuk Post)

LUWUK – Galeri UKM yang dibangun oleh Dinas Koperasi dan UKM tahun 2014 lalu belum juga digunakan. Hal itu menimbulkan berbagai pandangan dari berbagai pihak, salah satunya dari kalangan akademisi dan DPRD Banggai. Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, Amir Buhang, mengatakan, seharusnya Dinkop UKM harus segera memanfaatkan Galeri UKM agar bangunan tersebut tidak terkesan mubazir.” Saya kira sudah ... Read More »