Home » Babasal » Rumah Guru SDN Poro’an Memprihatinkan
Rumah Guru SDN Poro’an Memprihatinkan
TIDAK LAYAK : Kondisi perumahan Guru di SDN Poro’an semakin parah. Sayangnya, sampai saat ini tidak pernah menjadi perhatian pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai. (Foto: Gafar Tokalang/Luwuk Post)

Rumah Guru SDN Poro’an Memprihatinkan

LAMALA —  Pemerintah daerah Kabupaten Banggai tampaknya perlu memikirkan pembangunan perumahan guru. Hal terseebut penting untuk memberikan pelayanan yang maksimal pada setiap sekolah, khususnya yang berada di wilayah-wilayah kecamatan.
Fenomena rumah guru di wilayah Kecamatan Lamala cukup memprihatinkan. Pasalnya, para guru hanya menempati perumahan yang sudah lapuk, dan dikuatirkan terjadi hal-hal yang buruk, terutama ketika gempa terjadi seperti baru-baru ini. Kepala SDN Poroan Kecamatan Lamala, Tonang, kepada koran ini menjelaskan bahwa rumah guru di sekolahnya sudah tidak layak digunakan. Hanya saja, karena tidak ada alternatif lain, maka bangunan rumah guru tersebut tetap saja digunakan.
“Kalau ada gempa, kasihan bikin takut. Tapi bagaimana, karena ada beberapa guru disini yang membutuhkan rumah tinggal, kalau tidak harus bolak balik jauh,” terangnya.
Kata dia, perbaikan rumah guru sudah beberapa kali diusulkan dalam Musrenbang namun tidak pernah terealisasi. Ia berharap, tahun ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai bisa memberikan perhatian yang lebih serius terhadap kondisi perumahan guru.(far)

About Riezka