Home » Luwuk Selatan-Nambo » Pihak Kelurahan Terkesan Lakukan Pembiaran
Pihak Kelurahan Terkesan Lakukan Pembiaran
KAWASAN RTH : Pembangunan di tepi pantai Kelurahan Tombang Permai dan Tanjung Tuwis masih tetap marak. Nampak, papan himbauan yang terkesan dibiarkan meski telah ditutupi rerumputan tinggi beberapa waktu lalu. [Foto:Sofyan Taha/Luwuk Post]

Pihak Kelurahan Terkesan Lakukan Pembiaran

Terkait Pemberlakuan Kawasan RTH

LUWUK SELATAN-Pihak Kelurahan Tanjung Tuwis terkesan melakukan pembiaran terhadap pembangunan yang dilakukan pemilik lahan di sekitar Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kelurahan Tanjung Tuwis.
Fatalnya, bangunan di kawasan RTH itu juga terjadi di sekitar wilayah Kelurahan Tombang Permai depan kompleks Perumahan BTN Kilo Meter Lima.
Pemda juga terkesan masih setengah hati dalam menyikapinya. Buktinya, meski jauh hari sebelumnya telah mengeluarkan surat terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2012-2013 junto Keppres No 32 tahun 1990 tentang kawasan sempadan pantai adalah kawasan tertentu yang mempunyai manfaat penting untuk menjaga kelestarian fungsi pantai. Dimana ketentuannya bangunan harus di luar garis sepadan pantai dengan radius sepanjang 30-100 meter dan harus berdasarkan Pasal 35 UU No 28 Tahun 2007 tentang penataan ruang. Akan tetapi, bangunan di lokasi tersebut masih tetap berdiri dan justru terus bertambah.
Ironisnya lagi, papan himbauan yang bertujuan untuk menunjukan ke publik jika lokasi tersebut adalah merupakan kawasan RTH meski telah tertutupi oleh rerumputan tinggi. Akan tetapi, hanya terus dibiarkan tanpa adanya pembersihan. Sehingga, papan tersebut seolah-olah tidak ada gunanya lagi dipajang di lokasi tersebut.
Sementara itu, Lurah Tombang Permai yang dikonfirmasi terkait hal itu melalui telepon genggamnya, Minggu (08/6) kemarin, hingga berita ini diturunkan belum bersedia memberikan keterangan. (ofy)

About kanaya