Home » 2014 » May

Monthly Archives: May 2014

Kadis di Bangkep Bisa Dijerat Pidana Korupsi

Merubah DPA Tidak Sesuai APBD dan Persetujuan DPRD SALAKAN–Kesalahan fatal akan terjadi manakala kepala dinas di Kabupaten Banggai Kepulauan, membuat Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tanpa mengacu pada Perda APBD Kabupaten Bangkep tahun 2014. Pengamat kebijakan publik di Banggai Kepulauan Hari Lesmana menilai, pelanggaran tersebut bisa dikategorikan pidana korupsi karena dengan sengaja melanggar aturan keuangan yang telah ditetapkan menjadi produk hukum. ... Read More »

Golkar Sepakati Rizal Ketua DPRD Bangkep

GELAR RAPAT: Ketua DPD II Partai Golkar Bangkep, Drs Lania Laosa memimpin rapat pleno partai Golkar. Dalam rapat pleno itu, diagendakan pengusulan nama-nama yang diusulkan sebagai calon Ketua DPRD. Semua peserta pleno yang hadir bersepakat untuk mengusulkan Muh. Rizal Arwie sebagai calon Ketua DPRD Bangkep. Kendati demikian, DPD II tetap mengusulkan lima nama caleg terpilihnya ke DPD I Golkar Sulteng.

SALAKAN-Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Banggai Kepulauan Drs. Lania Laosa, Rabu (7/5) kemarin, menggelar rapat pleno internal partai di Sekretariat DPD II Partai Golkar Bangkep, Jalan KRI Iman Bonjol Kelurahan Salakan. Rapat Pimpinan Partai Golkar itu membahas usulan nama-nama calon Ketua DPRD Bangkep. Sebagaimana tertuang dalam AD-ART Partai Golkar, pimpinan DPD II diwajibkan mengusulkan nama-nama caleg terpilih ... Read More »

Pipa Induk Diperbaiki, Suplai Air Lancar

KEMBALI MENGALIR: Sore kemarin pipa PDAM di depan kantor Kelurahan Lompio selesai diperbaiki, air kembali mengalir ke rumah warga. [Foto: Nawir/Luwuk Post]

BANGGAI–Warga di tiga kelurahan di Kecamatan Banggai akhirnya bernafas lega. Pipa air yang sempat putus telah selesai diperbaiki sehingga air PDAM mengalir deras ke rumah warga. Amatan Luwuk Post, pipa PDAM selesai diperbiaki Rabu (7/5), kemarin. “Alhamdulillah air kembali mengalir, Pemda cukup tanggap dan bertindak cepat,” kata Idha, salah seorang warga Kelurahan Lompio. Amatan Luwuk Post, pipa induk jaringan air ... Read More »

Eks Karyawan Kumala, Tagih Janji Pemerintah

TUNTUT PASANGON : Eks karyawan PT Kumala menuntut pasangonnya dibayarkan saat melakukan aksi demo di kantor Camat Bunta, beberapa waktu lalu.

BUNTA-Eks Karyawan PT Kumala Mining, salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengelolaan nikel, hingga kini menuntut pesangon. Pasalnya sudah empat bulan permintaan mereka tak pernah disahuti pihak perusahaan. “Saya mewakili teman-teman eks karyawan mempertanyakan komitmen pemerintah menjembatani tuntutan kami yang sampai saat ini belum juga direalisasikan,”ungkap Tasman, kepada koran ini kemarin. Ditegaskannya, semua upaya telah ditempuh, namun pihak PT. Kumala ... Read More »

F-PDI P Siap Buka Diri

Terima Partai Lain Bergabung LUWUK– Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banggai mengaku, membuka diri terhadap partai politik yang hendak bergabung di partai tersebut. Tiga partai politik dipastikan tak bisa membentuk fraksi gabungan, karena terkendala dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Praktis, hanya dapat bergabung ... Read More »

Paripurna 2 Raperda Ditargetkan Juni

TARGET DUA RAPERDA : Balegda DPRD Banggai akan menargetkan paripurna 2 Raperda pada bulan Juni 2014 mendatang. [foto Dok/Luwuk Post]

LUWUK-Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD Banggai menargetkan paripurna penetapan dua rancangan peraturan daerah (raperda) usul prakarsa dewan pada pekan ketiga bulan Juni mendatang. Kesepakatan target paripurna itu ketika lima wakil rakyat yang tergabung dalam Balegda menggelar pertemuan internal di ruang Komisi A DPRD Banggai, Selasa (6/05). Sebelum menargetkan jadwal tentatif paripurna penetapan, lima anggota Balegda DPRD Banggai seperti Djufrie Diko ... Read More »

Usut Tuntas Aliran Dana DAK ke Dikpora

PENGELUARAN: Bukti pengeluaran dana dari anggaran proyek DAK di salah satu SMP yang ada di Kecamatan Lamala. ( foto : dok)

Pengakuan Bendahara SMP Bisa Jadi Jalan Masuk LUWUK–Dugaan korupsi dana DAK di salah satu SMP di Kecamatan lamala, oleh oknum Kepala Sekolah, dinilai bisa dijadikan jalan masuk bagi aparat penegak hukum untuk menemukan fakta lain. Karena sebelumnya sudah sering ada keluhan dari kepala sekolah, tentang adanya potongan dana DAK oleh oknum pejabat di Dikpora. “Bukti kwitansi dari bendahara sekolah, sudah ... Read More »

Parkiran Liar Ditertibkan

TERTIBKAN PARKIR : Sekretaris Dishub, Tasrik Djibran saat berdialog dengan salah satu pemilik toko. Pemilik toko diminta untuk tidak menggunakan trotoar sebagai etalase. Nampak pula, sejumlah personil Dishub dan Satlantas saat memindahkan barang dagangan yang ditempatkan diatas trotoar, Selasa (6/5).[foto : Van / Luwuk Post]

Aparat Gabungan Turun ke Jalan LUWUK-Mengatasi permasalahan parkir yang dinilai semraut dalam kota, khususnya di wilayah pertokoan. Dinas perhubungan (Dishub) dan Satuan Lalu Lintas Polres Banggai turun ke jalan untuk melakukan penertiban. Penertiban dipimpin lansung Sekretaris Dishub, Tasrik Djibran, Selasa (6/5) kemarin. Sekira pukul 09.00 Wita, sebelum turun ke lokasi penertiban. Sejumlah anggota Dishub dikumpulkan bersama sejumlah anggota Satlantas Polres ... Read More »

Distribusi Air Bersih Indang Sari Macet

TAK DIMANFAATKAN : Bak penampungan air bersih di Desa Indang Sari, Luwuk Timur tak dimanfaatkan akibat airnya macet. Nampak bak penampung yang ada dilingkungan warga, Selasa (6/5).

LUWUK TIMUR-Warga Desa Indang Sari Kecamatan Luwuk Timur mendesak pihak kontraktor mempertanggungjawabkan pelaksanaan proyek air bersih yang belum lama ini dikerjakan. Semenjak proyek air bersih tersebut dikerjakan akhir bulan Desember 2013 lalu melalui dana penetapan APBD-P Kabupaten Banggai, distribusi air bersih malah mengalami kemacetan total. Warga Indang Sari terpaksa tak bisa lagi menikmati air besih terhitung sejak awal pekerjaan rehabilitasi ... Read More »

Fasilitator PNPM Luksel Gelar Pelatihan

PELATIHAN KPD/K PNPM : Nampak, kegiatan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan yang dilaksanakan fasilitator kecamatan di Kantor Camat Luwuk Selatan, Selasa (6/5). [FOTO:SOFYAN TAHA/LUWUK POSt]

LUWUK SELATAN-Falitator Kecamatan Luwuk Selatan gelar pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (KPMD/K) PNPM di kantor Camat Luwuk Selatan, Selasa (6/5). Pelatihan itu rencananya akan dilaksanakan hingga Sabtu (10/5) mendatang. Kegiatan pelatihan yang dibuka secara resmi Camat Luwuk Selatan, Djamsuri Hadju dihadiri Sekretaris Camat, Syafrullah Mambuhu dalam kapasitas sebagai Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK) beserta personil pelaku PNPM Kecamatan ... Read More »